Sabtu, 09 Juni 2012

Komunitas Minat & Hobi/IKC Depok, Tempat Berbagi Cerita Soal Kijang

Komunitas Minat & Hobi

IKC Depok, Tempat Berbagi Cerita Soal Kijang

media : www.tnol.co.id

Safari Sidakaton

Sabtu, 09 Juni 2012

Indonesia Kijang Club Depok dibentuk sebagai ajang sharing atau curhat-curhatan terkait dunia otomotif, dari spare part, modifikasi dan juga jual beli kendaraan roda empat...
IKC Depok terlihat kompak saat ditemui di Balaikota Depok/ Foto-foto:Safari TNOLIKC Depok terlihat kompak saat ditemui di Balaikota Depok/ Foto-foto:Safari TNOL
KENDARAAN yang satu ini sangat familiar di Indonesia. Tak heran, banyak masyarakat Indonesia yang memilikinya. Bahkan, angkutan kota (angkot) dan niaga juga banyak yang menggunakan kendaraan yang bernama Toyota Kijang ini.
Toyota Kijang yang sudah ada sejak tahun 1977 ini memang model kendaraan niaga dan keluarga yang sangat populer untuk kelas mini bus di Indonesia.
Nah, karena begitu populernya mobil ini, pecinta dan pengguna Toyota Kijang pun membentuk komunitas. Salah satunya adalah Indonesia Kijang Club (IKC).
Sebagai komunitas pengguna mobil,  IKC pun menyebar di berbagai kota di Indonesia. Seperti yang ada  di Depok Jawa Barat. IKC Depok dibentuk oleh 10 orang, yakni  Santo Priyatna, Youlanda Khrisdiyan, Boski, Andrianta Tarigan, Nina Fatimah, Devie Irawan, Riko Lubis, Lilo Kresno Yudho, Achmad Zufikar dan Alifya pada tanggal 11 Januari 2011.  
“Sebelumnya, kita juga sudah kumpul bareng tapi belum atas nama IKC,” ujar Santo Priyatna, Ketua IKC Depok kepada TNOL di Balaikota Depok.
Dibentuknya IKC Depok, sambung Santo, sebagai ajang share atau curhat-curhatan terkait dunia otomotif, dari spare part, modifikasi dan juga jual beli kendaraan roda empat.  
Para anggota IKC Depok berkumpul setiap minggunya pada Jumat malam dan setiap awal bulan di Jl Margonda Raya Depok (seberang show room Toyota Setiajaya Mobilindo). Kini, anggota IKC Depok telah mencapai 30 orang yang terdiri dari berbagai latar belakang dan profesi.
Kerap sharing dan berbagi seputar dunia otomotifKerap sharing dan berbagi seputar dunia otomotifUniknya, meski atas nama komunitas Kijang. Namun, IKC sebenarnya tidak memandang merk atau jenis mobil yang ingin bergabung. Kendaraan apapun bisa bergabung, karena dibentuknya IKC Depok adalah untuk mempererat tali persaudaraan dan kekeluargaan, yang pada gilirannya berbagi dalam kegiatan sosial.
“Digelarnya baksos, karena berusaha untuk menghilangkan‘stempel’  bahwa komunitas mobil sombong-sombong,” jelasnya.
Selama ini, kegiatan baksos yang digelar IKC rutin dilakukan sebanyak tiga kali dalam satu tahun. Biasanya, baksos yang digelar IKC Depok adalah menyantuni sejumlah panti asuhan, anak yatim dan duafa yang sangat membutuhkan dana atau  materi disekitar wilayah Depok. Selain itu, IKC Depok juga pernah membantu korban gempa di Yogyakarta.
Selain sangat peduli kepada kaum yang kurang mampu, IKC Depok juga sangat mengutamakan safety driving ketika berkendara. Contohnya, para anggota yang tergabung di IKC Depok diimbau untuk menggunakan headset untuk telepon selularnya. Hal itu agat tidak mengganggu konsentrasi saat menerima telepon ketika berkendara.
Anggota IKC Depok juga dihimbau untuk tidak sembarangan menggunakan lampu hazard. Hal itu dilakukan agar kendaraan yang dibelakangnya tidak terkecoh dengan kedipan lampu hazard.
Sebagaimana komunitas otomotif yang kerap menggelar touring ke berbagai daerah, hingga saat ini IKC Depok juga telah menggelar touring ke berbagai tempat. Adapun tempat wisata yang telah di jelajahi anggota IKC Depok, diantaranya mengunjungi Sukabumi, Cirebon, Semarang dan Lampung.(Sbh)
Adapun Kepengurusan Indonesia Kijang Club (IKC)  Depok 2011/2012 adalah:
Ketua Umum : Andi M Ilham
Ketua Cabang : Santo Priyatna 
Wakil : Agung Yulianto
Sekretaris : Andrianta Tarigan & Lilo Kresno Yudho
Juru Bicara: Youlanda Khrisdiyan
Bendahara : Devie Irawan
Humas: Bozq kiky & Achmad Zufikar
Keanggotaan: M. Murdani & khoirul Kholil
Logistik: Agus Aprianggodo & Slamet Harianto
(c/p)

2 komentar:

  1. Assalamualaikum om2 ku,gimana caranya ya kalau saya mau bergabung

    BalasHapus
  2. Yupps,..pertanyaan yg sama dr saya Om...Om..

    BalasHapus